You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Gemarang
Desa Gemarang

Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi, Provinsi Jawa Timur

= = = Selamat Datang di Desa Gemarang Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi = = = # # # Orang Bijak Taat Bayar Pajak # # # * * * Gemarang MANTAB * * * """ MAJU AMAN NYAMAN TERAMPIL AGAMIS DAN BERBUDAYA """

Warga Ponjen Mengadakan Nyadran dan Doa Bersama Mendoakan Arwah Para Leluhur

Ira 29 Juni 2024 Dibaca 65 Kali
Warga Ponjen Mengadakan Nyadran dan Doa Bersama Mendoakan Arwah Para Leluhur

gemarang.desa.id - Seperti diketahui, sebagian besar masyarakat kita masih memegang teguh tradisi leluhur dari nenek moyang. Sebagai contoh adalah kegiatan Bersih Dusun atau Nyadran.

Bersih Dusun merupakan acara selamatan atau upacara adat Jawa sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan rahmatnya dan melimpahkan rejeki kepada setiap umatnya. 

Ini merupakan sedekah bumi, yang sudah dilakukan semenjak dahulu demi menjunjung tinggi nilai luhur dan adat istiadat yang merupakan ciri khas peninggalan leluhur yang perlu kita lestarikan.

Momen tersebut disambut dengan suka cita oleh masyarakat Dusun Ponjen. Mereka membawa nampan yang berisikan makanan dengan lauk pauknya yang dimaksudkan sebagai sedekah, dan nantinya akan kembali dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Bersih Dusun atau yang lebih akrab dikenal dengan istilah Nyadran dilaksanakan di sendang, yang merupakan mata air pertama di Dusun Ponjen, Jum'at(28/06/2024).

Selain bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta, juga sebagai sarana berdoa bersama, mendoakan arwah leluhur yang babat tanah Dusun Ponjen.

Dimulai jam 1 siang , acara tersebut dihadiri beberapa tokoh masyarakat Dusun Ponjen. Diantara tokoh yang hadir dalam acara tersebut adalah Ketua RT, RW, LPMD, BPD, Babinsa juga Sekretaris Desa Gemarang, Khamdan Rohim, S.Ak serta Perangkat Desa. 

Dalam kesempatan itu sekdes mengapresiasi kegiatan tersebut “Kegiatan ini merupakan sarana mempererat silaturrahmi, sedekah bersama, serta untuk melestarikan kebudayaan dan tradisi leluhur yang sekarang ini sudah mulai luntur dan ditinggalkan masyarakat,“ ucap Khamdan.

Masyarakat Dusun Ponjen sangat antusias melaksanakan kegiatan tersebut, mengingat acara nyadran ini adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun.

Kepala Dusun Ponjen, Aris Budianto yang ditemui dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya,

“Semoga nyadran ini dapat terus kami laksanakan, mendapatkan keberkahan, rejeki berlimpah hasil panen juga bertambah,”ucapnya.

Setelah acara Doa bersama dilanjutkan pembagian berkat, hiburan Tari Gambyong dan Langen Beksan. Acara ini berlangsung hinga sore hari.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image